Sunday 22 July 2018

RUKANAH BIN ABDU YAZID DAN MUKJIZAT RASULULLAH


Rukanah bin 'Abdu Yazid bin Hasyim adalah seorang jaguh gusti yang terkenal kuat, tetapi tergolong pemuka Quraisy yang sangat memusuhi Nabi SAW. Pada suatu hari ia bertemu sendirian dengan Nabi SAW di satu kampung yang terletak di tepi kota Makkah. Waktu itu Nabi SAW bertanya kepadanya, : 
"Hai Rukanah, apakah tidak sebaiknya engkau takut kepada Allah dan menerima apa yang telah aku serukan kepadamu ?".

Rukanah menjawab dengan kasar, "Sesungguhnya jika aku mengetahui, bahwa yang engkau katakan itu benar,  tentu aku telah menurut kepadamu !".

Nabi SAW bersabda, "Bagaimana pendapatmu, jika aku dapat membantingmu, apakah engkau mahu mengerti bahwa  yang aku serukan itu benar ?"

Rukanah menjawab, "Engkau akan membantingku, Muhammad ? Kalau mampu, silahkan bantinglah aku !"

Nabi SAW bersabda, "Berdirilah, engkau kubanting !"

Seketika itu Rukanah berdiri dan siap untuk bergusti dengan Nabi SAW. Kemudian mereka bergusti dengan sengitnya. Lalu Nabi SAW membantingnya hingga jatuh terbaring di atas tanah. Rukanah tidak berdaya sedikit pun untuk membalas Nabi SAW, tetapi masih sombong dan mengajak bergusti lagi. Oleh Nabi SAW ketika itu dilayani, lalu beliau bergusti lagi dengannya dan ia dibanting lagi hingga jatuh. Setelah Rukanah merasa tidak mampu melawan Nabi SAW, ia berkata, "Ini, sangat mengherankan. Apakah engkau akan membantingku lagi, Muhammad ?"

Nabi SAW bersabda, "Ada lagi yang lebih mengherankan dari pada itu, jika engkau mahu akan ku perlihatkan juga kepadamu. Tetapi sesudah itu, apakah engkau mau takut kepada Allah dan menurut perintahku ?"

Rukanah menjawab, "Ya. Apa itu ?"

Nabi SAW berkata, "Aku akan memanggil pohon yang engkau lihat itu, biar pohon itu datang kepadaku kemari".

Kata Rukanah, "Baik, panggillah pohon itu !"

Nabi SAW lalu memanggil pohon yang ditunjukkan kepada Rukanah, lalu datanglah pohon itu hingga berdiri dihadapan beliau. Kemudian pohon itu diperintahkan lagi oleh Nabi SAW supaya kembali ke tempatnya semula, maka pohon tadi kembali ke tempatnya semula.

Setelah itu Rukanah pergi kepada para kawannya dan mengatakan, "Hai para kawan keturunan 'Abdu Manaf ! Muhammad telah melakukan sihir hingga mengalahkan semua orang di bumi ini. Demi Allah, aku belum pernah melihat seorangpun yang lebih pintar menyihir dari padanya". Kemudian ia memberitahukan kepada teman-temannya tentang segala yang diperbuat oleh Nabi SAW atas dirinya.

Sumber : Ensiklopedia Sejarah Muhammad.

1 comment:

  1. Afwan. Kalau boleh gambar yang digunakan diubah kerana gambar tersebut seorang lelaki yang bertatu. Sekadar pandangan. Terima kasih

    ReplyDelete