Monday 19 September 2016

JANGAN MERASA TELAH MAMPU BERSYUKUR


Wahb ibn Munabbih semoga Allah merahmatinya bercerita, “Ada seorang laki-laki yang beribadah kepada Allah Swt. selama 50 tahun. Kerana ibadahnya yang lama ini, tiba-tiba di dalam hatinya terbersit perasaan bahwa dirinya telah mampu mensyukuri nikmat Allah Swt.

Maka, Allah Swt. pun memerintahkan urat yang ada di lehernya untuk memelintirkan diri. Sehingga ia tidak dapat salat, makan, dan tidur. Kemudian Allah juga memerintahkan agar urat leher orang itu kembali normal. Akhirnya si ahli ibadah itu merasa pulih dan dapat tidur. 

Dalam mimpinya, ada malaikat yang mendatanginya. Malaikat itu berkata kepadanya, “Tuhanmu mengatakan kepadamu bahwa dengan tidak normalnya urat lehermu sehari, setara dengan ibadahmu selama 50 tahun. Karena itu, perhatikanlah, berapa banyak hari-hari yang kamu lewati dalam keadaan sehat tanpa keluhan.”

Dalam syair disebutkan: “Barangsiapa yang ingin hidup damai sentosa Baik dalam urusan agama maupun masalah dunia, maka hendaknya ia melihat orang yang agamanya lebih baik. Dan, melihat kepada orang yang hartanya lebih sedikit.”

Sumber : Kitab Munyatul Wa'izhin Karangan Syaikh Al-Anqary 

No comments:

Post a Comment