Thursday 16 February 2017

REDHA DENGAN TAKDIR ALLAH


Abu 'Utsman Al Hiri berkata: "Selama empat puluh tahun, betapa pun keadaan yang ditakdirkan Allah kepadaku, tidak pernah aku sesali, dan betapa pun Ia merubah keadaanku, tidak pernah membuatku marah".

Kisah berikut ini merupakan bukti kebenaran kata-kata Abu 'Utsman di atas. Seseorang yang tidak mempercayai kata-kata Abu 'Utsman mengirimkan sebuah undangan kepadanya. Undangan itu diterima oleh Abu 'Utsman, maka ia pun pergilah ke rumah orang itu. Tetapi sesampainya di sana orang itu berteriak kepadanya: "Wahai manusia rakus! Di sini tidak ada makanan untukmu. Pulang sajalah."

Abu 'Utsman berganjak meninggalkan tempat itu tetapi belum jauh ia melangkah orang tadi berteriak memanggilnya: "Syeikh, kemarilah!"
Abu 'Utsman berbalik tetapi orang itu terus mengusirnya: "Engkau sangat rakus. Tidak pernah merasa cukup. Pergilah dari sini!".

Si syeikh pun pergi meninggalkan tempat itu. Orang itu memanggilnya lagi dan Abu 'Utsman pun menghampirinya pula. "Makanlah batu atau pulang sajalah!"

Sekali lagi Abu 'Utsman berganjak pergi. Tiga puluh kali orang itu memanggil dan mengusirnya, dan tiga puluh kali pula syeikh Abu 'Utsman datang dan pergi tanpa sedikit pun menunjukkan kejengkelan hatinya. Akhirnya orang itu berlutut di depan Abu 'Utsman, dengan air mata bercucuran ia meminta maaf kepadanya, dan sejak itu ia menjadi murid Abu 'Utsman.

"Engkau benar-benar seorang manusia yang sangat kukuh!", katanya kepada Abu 'Utsman. "Tiga puluh kali engkau kuusir dengan kasar tetapi sedikit pun engkau tidak menunjukkan kemengkalan hatimu".

Abu 'Utsman menjawab: "Hal itu adalah pekara remeh. Anjing-anjing juga berbuat seperti itu. Apabila anjing-anjing itu engkau usir mereka pun pergi dan apabila engkau panggil mereka pun datang tanpa sedikit pun menunjukkan rasa jengkel. Sesuatu hal yang dapat dilakukan anjing, sama sekali tidak ada ertinya. Lain halnya dengan perjuangan manusia".

Sumber : Kitab Tazkiratul Auliya Karangan Syeikh Fariddudin Attar.

No comments:

Post a Comment