Wednesday 19 October 2016

KISAH SUFI PENGETAHUAN DAN KEYAKINAN


Pada suatu hari Hasan Al Basri berkunjung ke rumah Habib Al Ajami. Kepadanya Habib menjamu dua potong roti gandum dan sedikit garam. Hasan sudah bersiap-siap hendak menyantap hidangan itu, tetapi seorang pengemis datang dan Habib menyerahkan kedua potong roti beserta garam itu kepadanya.

Hasan terheran-heran lalu berkata: "Habib, engkau memang Seorang manusia budiman. Tetapi alangkah baiknya seandainya engkau memiliki sedikit pengetahuan. Engkau mengambil roti yang telah engkau jamukan ke ujung hidung tamu lalu memberikan semuanya kepada seorang pengemis. Seharusnya engkau memberikan sebagian kepada si pengemis dan sebagian lagi kepada tamumu". Habib tidak memberikan jawaban.

Tidak lama kemudian seorang hamba datang sambil menjunjung sebuah bekas. Di atas bekas tersebut ada daging domba panggang, penganan yang manis-manis dan wang lima ratus dirham perak. Si hamba menyerahkan bekas tersebut ke hadapan Habib. Kemudian Habib membagi-bagikan wang tersebut kepada orang-orang miskin dan menempatkan bekas tersebut di samping Hasan.

Ketika Hasan memakan daging panggang itu, Habib berkata kepadanya: "Guru, engkau adalah seorang manusia budiman, tetapi alangkah baiknya seandainya engkau memiliki sedikit keyakinan. Pengetahuan harus disertai dengan keyakinan".

Sumber : Kitab Tazkiratul Auliya Karangan Syeikh Fariddudin Al Attar.

No comments:

Post a Comment